6 Desember 2017 - 10:56:15 WIB | Dilihat 55 kali0 komentar

Koramil 1016-05 Tumbang Jutuh Kembali Menerima Senpi Dari Masyarakat.

Gambar Koramil 1016-05 Tumbang Jutuh Kembali Menerima Senpi Dari Masyarakat.
PALANGKA RAYA – Kesadaran masyarakat terkait  bahayanya menggunakan senjata api mulai terbentuk. Bahkan masyarakat mulai memahami dan mengatahui bahwa ada aturan yang harus di penuhi terkait kepemilikan senajata api, apa lagi senajat itu rakitan.
 
Seperti  masyarakat wilayah Kecamatan Rungan, Kabupaten Gunung Mas atas langkah sosialisasi yang dilakukan Koramil 1016-05 Tumbang Jutuh, warga pun menyerahkan senjata api yang dimilikinya.
 
Sebagai bukti, seorang warga Parempey, RT 05, RW 03, Kecamatan Rungan, Gara Simamora menyerahkan dua pucuk senjata api rakitan, Senin (4/12) pukul 13.30 WIB.
 
"Terdiri dari satu pucuk laras panjang dan satu pucuk laras pendek," kata Danramil 1016-05 Tumbang Jutuh, Kapten Inf Suradi.
 
Suradi menuturkan, pada paginya, ia menerima telephone dari warga Parempey tentang adanya warga yang hendak menyerahkan senpi rakitan. Suradi lalu menunjuk Babinsa, Serma Yahya Listiawan untuk mengecek kebenaran informasi tersebut.
 
Kemudian, pukul 09.15 WIB, Suradi langsung bertolak menuju desa setempat dari Palangka Raya dengan menggunakan motor trail dinas. Setelah sampai pada pukul 13.05 WIB, ia bertemu Ketua RT, Heldy, Mantir adat dan Serma Yahya di rumah Gara Simamora. Sekitar 25 menit kemudian, Gara Simamora menyerahkan dua pucuk senpi rakitan itu.
 
"Dari hasil pengecekan kedua senjata masih baik. Kemudian senjata langsung dibawa ke Makoramil untuk diamankan," katanya.
 
Dia menuturkan, niat Gara untuk menyerahkan senpi rakitan itu karena sering mendengar sosialisasi dari Babinsa setempat bahwa bagi warga yang masih menyimpan senjata bisa diserahkan langsung ke Babinsa tanpa diproses hukum.
 
Hal itu pun mendapat tanggapan positif dari Dandim 1016 Palangka Raya, Letkol Czi Chandra Adibrata. Dirinya sangat mengapresiasi kesadaran masyarakat yang mau menyerahkan senjata api. Ia berharap ini bisa menjadi contoh bagi warga lainnya khususnya yang masih memiliki senpi supaya turut menyerahkan.
 
"Kami sangat mengapresiasi kesadaran warga. Hal ini juga tidak lepas dari imbauan anggota kami kepada masyarakat dan kedekatan atau kepercayaan masyarakat kepada kami," kata Letkol Czi Chandra Adibrata.
 
Dengan penyerahan dua pucuk senpi itu, maka sudah ada 12 senpi yang terkumpul selama Suradi menjabat sebagai Danramil. 10 di antaranya sudah digudangkan di Korem 102 Panju-Panjung beberapa waktu lalu. (tim KPFM)
 
Beri komentar
0 KOMENTAR.

Komentar untuk "Koramil 1016-05 Tumbang Jutuh Kembali Menerima Senpi Dari Masyarakat."

(harus diisi)