16 April 2018 - 16:44:03 WIB | Dilihat 45 kali0 komentar

BPJS Kesehatan Bangun Sinergisitas Capai UHC

Gambar BPJS Kesehatan Bangun Sinergisitas Capai UHC
PALANGKA RAYA-Untuk mencapai Universal Health Coverage (UHC) program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) pada tahun 2019, diperlukan upaya dan dukungan dari berbagai pihak, salah satunya adalah dukungan dan peran serta dari pemerintah daerah untuk mewujudkan UHC bagi penduduk di wilayahnya. Dukungan dari pemerintah daerah dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dapat berupa integrasi jaminan pelayanan kesehatan penduduk daerah dalam bentuk kepesertaan Penerima Bantuan Iuran (PBI-APBD) maupun dukungan berupa regulasi untuk percepatan UHC.
 
Dalam upaya tersebut, BPJS Kesehatan Kantor Cabang Palangka Raya bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan dan Bank Tabungan Negara melakukan sosialisasi kepada 11 desa yang ada di wilayah Kecamatan Katingan Kuala, Kabupaten Katingan.
 
Dalam kegiatan tersebut hadir perwakilan dari aparat desa serta tokoh-tokoh masyarakat dan tokoh-tokoh agama. Sebagai informasi, acara sosialisasi program JKN-KIS di Kecamatan Katingan Kuala dihadiri sebanyak 11 desa yaitu desa Kampung Tengah, Singam Raya, Kampung Keramat, Kampung Baru, Bangun Jaya, Makmur Utama, Subur Indah, Bakung Raya, Bumi Subur, Setia Mulia dan desa Jaya Makmur sebagai tuan rumah acara sosialisasi. Dalam kesempatan yang sama juga hadir dari unsur pemerintahan Kabupaten Katingan sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut, harapannya desa tersebut nantinya secara mandiri dapat mempunyai jaminan sosial baik kesehatan maupun ketenagakerjaan.
 
“Kami memang melakukan upaya sosialisasi program JKN-KIS hingga ke desa-desa di wilayah Kabupaten yang susah untuk mendapatkan akses informasi terkait program JKN-KIS. Dengan begitu kami harapkan masyarakat yang telah mendapatkan informasi dapat segera menjadi peserta JKN-KIS sebagai jaminan pelayanan kesehatannya yang selama ini mereka belum mempunyai jaminan kesehatan tersebut.” Ujar kepala BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya, Elke Winasari.
 
Disela-sela kegiatan sosialisasi yang dilksanakan di desa Jaya Makmur, disampikan juga bahwa saat ini pendaftaran kepesertaan JKN-KIS tidak harus datang ke kantor BPJS Kesehatan, pendaftaran kepesertaan program JKN-KIS bisa dilakukan di rumah masing-masing dengan menggunakan handphone/smartphone, caranya adalah dengan mendownload aplikasi Mobile JKN melalui Playstore/Appstore.
 
“Kami juga menghimbau kepada seluruh masyarakat bahwa pendaftaran kepesertaan program JKN-KIS saat ini tidak perlu lagi datang ke kantor BPJS Kesehatan. Cukup melalui aplikasi Mobile JKN di smartphone untuk melakukan pendaftaran secara mandiri dan tidak lagi terkendala jarak yang jauh untuk datang ke kantor BPJS Kesehatan”. Ungkap Elke Winasari.
 
Dengan kegiatan sosialisasi yang telah dilaksanakan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kepedulian masyarakat akan pentingnya jaminan kesehatan, sehingga masyarakat akan segera menjadi peserta JKN-KIS pada saat sehat dan sebelum sakit. (HumasBPJS/KPFM).
Beri komentar
0 KOMENTAR.

Komentar untuk "BPJS Kesehatan Bangun Sinergisitas Capai UHC"

(harus diisi)