29 Mei 2018 - 12:15:25 WIB | Dilihat 119 kali0 komentar

Penderita Diabetes Dianjurkan Olahraga 150 menit/minggu.

OLAHRAGA – Bagi penderita penyakit diabetes, menjaga gula darah  agar selalu normal adalah yang terpenting. Ada beberapa cara yang dilakukan seperti konsumsi obat, diimbangi dengan diet sehat dan olahraga.
 
Menurut dr. Em Yunir, SpPD-KEMD, sesuai dengan panduan yang dikeluarkan oleh Persatuan Diabetes Indonesia (Persadia), total aktivitas fisik yang harus dilakukan adalah 150 menit dalam seminggu.
"Ini bisa dibagi menjadi tiga atau 4 kali dengan sekali aktivitas fisik 30-40 menit," ujar Yunir seperti yang dikutip dari media online Viva.  "Kalau exercise panjang, harus ada tambahan makanan yang diberikan untuk menutupi kebutuhan kalori," ujar Yunir.
Bagi penderita diabetes, olahraga yang dianjurkan adalah olahraga yang mudah seperti aerobik ritmik yang rutin.  Contohnya, jogging, senam diabetes, renang, atau sepeda. Selain itu, sebaiknya jaga jarak olahraga tidak lebih dari 48 jam.
"Misalnya, olahraga hari Senin, hari Rabu harus olahraga lagi. Sehingga manfaatnya benar-benar ada," lanjut Yunir. Yunir menjelaskan, hal tersebut dikarenakan olahraga memperbaiki resistensi insulin. Pada saat olahraga dikakukan, resistensi berkurang, tapi pada saat olahraga berhenti, resistensi akan kembali lagi dan ini bisa berdampak buruk.
 
"Kalau hanya punya waktu olahraga Sabtu dan Minggu, mau tidak mau di kantor harus punya waktu olahraga," kata Yunir. (net)
Beri komentar
0 KOMENTAR.

Komentar untuk "Penderita Diabetes Dianjurkan Olahraga 150 menit/minggu."

(harus diisi)